Masukkan Seekor Ikan Hiu Dalam Tangki Hidup Anda

Seperti biasa, begitu bangun pagi saya langsung membuka laptop saya. Waktu 24 jam terasa tidak cukup. Jadi harus pintar-pintar membagi waktu agar dapat menyelesaikan tugas-tugas yang harus dilakukan, termasuk menulis artikel ini agar dapat selesai tepat pada waktunya.

Setelah membuka laptop, tiba-tiba saya teringat cerita ikan hiu inspiratif yang pernah saya baca dulu. Walaupun kondisi penyimpanan ikan dewasa ini sudah sangat maju dan mungkin juga kondisi penyimpanan ikan di bawah sudah tidak sesuai lagi dengan teknologi saat ini, namun efek dari morale story-nya sangat luar biasa. Saya tidak tahu siapa pertama sekali yang menulis cerita ini, namun tidak ada salahnya saya mengucapkan terima kasih atas ceritanya ini.

Berikut ini adalah ceritanya …..¬† Jepang adalah bangsa yang sangat menyukai ikan segar. Hal ini bisa dilihat dari makanannya yang banyak terdiri dari ikan-ikan segar dalam sushi atau sashimi yang dihidangkan. Kesegaran ikan adalah kunci utama dalam menentukan nikmat tidaknya sushi atau sashimi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan ikan tetap dalam keadaan segar pada saat mencapai daratan.

Awalnya teknik penyimpanan ikan dalam kapal adalah dengan diberi es dan ditaburi garam. Dengan cara ini diharapkan ikan-ikan yang dimasukkan dalam tempat penyimpanan ini dapat tetap segar selama dalam perjalanan. Namun kenyataannya ikan tidak terlalu segar lagi pada saat mencapai daratan karena memang sudah mati waktu dalam perjalanan.

Belajar dari hal ini, nelayan Jepang memperbaiki metode penyimpanan ikannya dengan membuat tangki penampungan ikan yang lebih besar dengan air laut di dalamnya sehingga ikan-ikan yang ditangkap dapat berenang di dalam tangki berisi air laut ini. Cara ini lebih baik daripada cara sebelumnya. Namun sebelum sampai di daratan, ikan-ikan ini sudah mati lemas terlebih dahulu.

Nelayanpun kembali memutar otak untuk mencari cara yang lebih baik lagi. Kali ini, nelayan tetap menggunakan tangki seperti diatas, namun perbedaannya sekarang adalah tangki tersebut diisi dengan seekor ikan hiu kecil. Memang ikan hiu ini memangsa beberapa ikan yang ada di dekatnya namun mayoritas ikan tetap hidup pada saat sampai di daratan.

Kenapa ikan-ikan ini dapat tetap hidup tidak seperti ikan-ikan sebelumnya yang tidak memiliki ikan hiu dalam tangki penampungannya? Ternyata dengan hadirnya seekor ikan hiu membuat mereka lebih waspada terhadap predator yang dapat memangsa mereka setiap saat. Mereka terus berenang menjauhi ikan hiu yang bergerak mendekat ke arah mereka.

Morale of the story
Ikan hiu yang dimaksudkan dalam cerita diatas adalah masalah atau tantangan yang kita jumpai dalam hidup. Bisa dalam karir, rumah tangga, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Ikan hiu atau masalah, tantangan, ancaman, dsb. dapat kita gunakan untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. Dengan adanya ikan hiu ini, ikan menjadi lebih waspada dan terus bergerak. Sama halnya dengan manusia, dengan adanya masalah, tantangan, ancaman yang ada disekitar kita, hal ini dapat membuat kita untuk lebih waspada, terus bergerak, dipaksa keluar dari comfort zone, menjadi fleksibel dengan cara-cara baru, stretching our limit (menembus limit kita sekarang), dsb.

Brian Tracy, seorang success coach, mengatakan ada 2 hal yang menghalangi manusia untuk maju: 1. Homeostatis, suatu keadaan untuk terus di status-quo dan 2. Psychosclerosis, suatu keadaan dimana manusia tidak fleksibel lagi terhadap keadaan. Kedua hal tersebut membuat orang takut meninggalkan comfort zone-nya.

Dengan memasukkan seekor ikan hiu dalam tangki hidup kita maka akan membuat kita dipaksa untuk keluar dari keadaan status-quo dan menjadi fleksibel mempelajari hal-hal baru yang dapat mendukung kita mencapai tujuan kita. Sudahkah Anda memasukkan seekor ikan hiu dalam tangki hidup Anda?

~ LIVE A LIFE YOU WANT TO LIFE & MAKE SURE IT IS USEFUL!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image