Teknik NLP: Kinesthetic Swish Pattern

NLPACADEMIA.comSwish Pattern adalah teknik NLP yang sering digunakan untuk menciptakan perubahan perilaku, dari perilaku yang tidak diinginkan menuju perilaku yang diinginkan. Teknik ini efektif mengatasi kebiasaan-kebiasaan buruk yang bersifat berulang, seperti: menggigit kuku, merokok, gugup, demam panggung dan kebiasaan buruk lainnya. Selain Visual Swish Pattern, Teknik Swish Pattern juga dapat dilakukan dalam bentuk Kinesthetic Swish Pattern.

Langkah demi langkah Teknik Kinesthetic Swish Pattern:

Langkah 1
Identifikasi perasaan yang tidak diinginkan.

Langkah 2
Tanyakan apa maksud positif dari perasaan ini. Tanya: “Apa yang ingin perasaan ini sampaikan kepada saya, yang perlu saya ketahui sekarang?”

Langkah 3
Identifikasi sebuah perasaan yang diinginkan.

Langkah 4
Cek ekologi dengan menanyakan: “Apakah oke apabila memiliki perasaan baru ini sekarang?”

Langkah 5
Susutkan perasaan yang diinginkan ini dalam sebuah bola energi kecil (sebesar bola pingpong)

Langkah 6
Break State. Misal, memikirkan hal yang lain atau melihat pohon di luar jendela. Tujuannya, agar langkah #5 di atas tidak terbawa pada proses selanjutnya.

Langkah 7
Masuk ke dalam keadaan yang tidak diinginkan dan letakkan bola energi tersebut sekitar daerah ulu hati (area solar plexus) dan secara perlahan biarkan bola energi tersebut membesar dan menggantikan perasaan lama tersebut sampai menyelimuti seluruh tubuh.

Langkah 8
Break State

Langkah 9
Ulangi langkah 7 sebanyak lima kali dan setiap kali lebih cepat daripada sebelumnya

Langkah 10
Lakukan future pace dengan membayangkan suatu saat di masa depan apabila merasakan trigger “perasaan sebelum” apa yang akan terjadi. Swish Pattern yang berhasil adalah pada saat dilakukannya future pace ini sudah tidak ada keinginan lagi untuk melakukan perilaku lama, alih-alih melakukan perilaku baru.

One thought on “Teknik NLP: Kinesthetic Swish Pattern

  1. Pingback: Teknik NLP - Swish Pattern | Coach Tatang's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image