Tips Merubah State

Setelah kita mengetahui bahwa State dapat mempengaruhi kesuksesan dan kebahagiaan seseorang. Maka sangat menarik untuk dipelajari bagaimana caranya untuk merubah state seseorang.

 Cybernetics Loops

Dengan merubah physiology, internal representation dan atau kedua hal tersebut secara bersamaan maka akan dapat merubah state seseorang. Secara physiology, ada perbedaan yang mendasar antara orang yang berada dalam resource state dengan stuck state.

Orang yang berada dalam stuck state cenderung memiliki physiology: membungkuk, kepala menunduk, mata melihat ke bawah dan lain sebagainya, sedangkan orang yang berada dalam resource state cenderung untuk berdiri tegak, pandangan mantap melihat ke depan, percaya diri, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui perbedaan kedua bentuk physiology diatas maka sesorang yang berada dalam stuck state dapat merubah state-nya secara instant menjadi resource state dengan cara merubah physiology stuck state menjadi physiology resource state, misalnya: postur tubuh tegak, pandangan mantap melihat ke depan, percaya diri, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, teknik-teknik seperti ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa melabelinya dengan teknik NLP, cara merubah physiology sering digunakan oleh para ibu untuk mendiamkan anaknya yang sedang nangis. Perubahan physiology yang dilakukan biasanya adalah ibu meminta anak untuk melihat ke atas dengan mengatakan, misalnya: “Lihat diatas ada cicak”. Pada saat anak melihat ke atas biasanya anak akan berhenti menangis.

Secara internal representation, seseorang juga dapat merubah penyajian informasi di dalam alam pikirannya. Apabila orang tersebut memikirkan hal-hal yang tidak termotivasi maka pikirannya akan menyajikan informasi yang tidak bersumber daya dalam bentuk Visual, Auditory, dan Kinesthetic. Dengan merubah internal representationdalam pikirannya maka orang tersebut akan bergerak dari stuck statemenuju resource state.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana namun efektif untuk merubah internal representation, yaitu:

  1. Bayangkan suatu pengalaman di masa lalu dimana Anda sangat bersumber daya, misalnya: kelahiran anak pertama, menjadi juara kelas, sukses memenangi suatu tender bisnis besar, dan lain sebagainya.
  2. Masuk ke dalam salah satu pengalaman tersebut dan menjadi satu (asosiasi) dengan diri Anda dalam pengalaman tersebut. Lihat apa yang Anda lihat, dengar apa yang Anda dengar, dan rasakan apa yang Anda rasakan pada saat itu (puncak emosi).
  3. Apabila perlu, lakukan penyesuaian kualitas dari VAK dengan merubah kualitas dari Visual (misalnya: lebih dekat, lebih terang, berwarna, dsb.), Auditory (misalnya: suaranya lebih dekat, volumenya lebih keras, kualitas suaranya lebih jernih, dsb.), serta Kinestetik (misalnya: lebih merasakan perasaan yang terjadi saat itu, dsb.)

Biasanya, apabila internal representation-nya dapat dirubah maka state juga akan berubah (dari stuck state menuju resource state).

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana lainnya yang juga efektif untuk merubah state dari stuck state menuju resource state:

  • Apabila pikiran sedang ruwet jangan mengurung diri dalam kamar karena hal ini biasanya akan membuat pikiran semakin ruwet. Usahakan untuk pergi ke tempat yang lebih terbuka, misalnya: taman. Tempat yang luas akan membangun state yang resourceful dibanding dengan tempat yang kecil atau sempit.
  • Sadari self talk (berkata dalam hati) pada saat itu. Ganti self talk yang negatif menjadi self talk yang positif dan bersumber daya, misalnya: “Tidak ada masalah yang tidak dapat diatasi”. “Saya pasti dapat mengatasi masalah ini dengan baik”. “Apa yang saya alami ini akan membuat saya lebih kuat dalam menjalani hidup ini”, dsb.
  • Menarik nafas dan menyadari keluar masuknya nafas dapat membantu untuk merilekskan pikiran.
  • Usahakan untuk memberi input yang positif terhadap internal representation dengan cara merubah kualitas Visual, Auditory,dan Kinesthetic dari yang kurang bersumber daya menjadi lebih bersumber daya.

Dalam konteks sukses, biasakan untuk melihat, mendengar, dan merasakan hal-hal yang positif dan bermanfaat, misalnya

  • Visual
    Mengganti kebiasaan menonton film yang sedih-sedih menjadi film  yang bersemangat dan menambah sumber daya.
  • Auditory
    Mengganti kebiasaan mendengar lagu yang melankolis menjadi lagu-lagu yang bersemangat. Hal ini termasuk juga berlaku untuk ring tone HP yang digunakan karena ring tone HP termasuk auditory yang sering kita dengar setiap hari.
  • Kinesthetic
    Mengganti kebiasaan internal dialog atau self talk yang negatif dan kurang bersumber daya dengan self talkyang positif dan bersumber daya yang menghasilkan perasaan yang bahagia dan bersumber daya juga.

~ Live a life you want to live & make sure it is useful.

One thought on “Tips Merubah State

  1. Pingback: Therapeutic Suggestion Tools | Harry TyPo-GraPh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image